Kamis, 08 November 2012

Fungsi dan Manfaat Tumbuhan Berdaun Lebar


          Keunikan tumbuhan memang tidak ada habisnya. Video yang saya unggah tanggal 21 Oktober 2012 ini akan sedikit mengungkap tabir rahasia fungsi dan manfaat tumbuhan berdaun lebar bagi lingkungan. Videonya masih sangat sederhana, namun semoga memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi semua. amin. . . :-)





          Gambar di atas adalah foto yang saya ambil pada tanggal 23 November 2011 saat melakukan Praktikum Mata Kuliah Geografi Tanah dan Geologi Lingkungan. Gambar tersebut diabadikan dengan menggunakan Kamera Pocket Digital BENQ dengan resolusi sebesar 10 megapixel. Adapun lokasi pengambilan gambar adalah di kawasan mangrove Blanakan Kabupaten Subang.





          Terdapat keunikan di kawasan mangrove Blanakan. Keunikan tersebut adalah keadaan tanah sedimen di muara sungai yang terus bertambah luas ke arah utara menuju Laut Jawa. Tanah tersebut berasal dari sedimentasi material aluvium yang terbawa oleh arus air sungai. Namun di balik semua keunikan tersebut, terkadang ada konflik kepentingan yang terjadi di sana. Konflik tersebut terjadi sebagai akibat penduduk sekitar berebutan mengkavling tanah-tanah yang bertambah luas tadi. Setiap tahun diperkirakan tanah hasil sedimentasi tersebut bertambah luas antara tiga sampai enam meter.





       Terlepas dari keunikan dan konflik yang terjadi di kawasan mangrove Blanakan, saya lebih memfokuskan pengamatan terhadap keberadaan tumbuhan bakau yang ada di sana. Tumbuhan berdaun lebar yang tumbuh subur di daerah berair payau ini, benar-benar memberikan kontribusi besar terhadap lingkungan. Keberadaannya telah menciptakan ekosistem tersendiri bagi berbagai jenis ikan dan kepiting bakau. Akarnya yang kuat dapat menahan gelombang laut untuk meminimalisir kerusakan tanah akibat abrasi. Terakhir, berkat keberadaan tumbuhan bakau inilah tanah sedimentasi di sana dapat semakin bertambah luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar